Tanjung Pasir

photos: Sirla

 

Tanjung Pasir

Lokasi:

Tanjung Pasir (Tanggerang)

Kelompok:

Ibu-Ibu Pengajian
  Nelayan

Program:

2011

Rehabilitasi:

Mangrove
   

Selayang Pandang:

Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) melakukan kegiatan penanaman mangrove bertempat di kampung Garapan Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga , Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dipelopori oleh Asisten Deputi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Pesisir dan laut Deputi Bidang Kerusakan lingkungan dan Perubah Iklim bersama organisasi Istri Nelayan dan pengajian perempuan kampung Garapan Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga , Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten.

 

Kegiatan yang mengambil tema "RANTAI EMAS" (Rehabilitasi Pantai Entaskan masyarakat Setempat), ini dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, istri-istri menteri KIB, Waki Bupati Tangerang, dan masyarakat. Penanaman ini dilakukan selain mengembangkan kembali kawasan hutan di sekitar pantai, juga menyelamatkan kawasan daratan dari gelombang tinggi maupun tsunami. Pembuatan hutan pantai dapat menjadi stimulus berkembangnya dunia pariwisata, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Sementara secara ekologi juga akan menjaga keseimbangan perubahan iklim mikro. Dengan konsep yang melibatkan masyarakat, perekonomian warga dapat ditingkatkan bersamaan dengan suksesnya rehabilitasi lahan.

 

Dalam acara tersebut Menteri Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta berkesempatan untuk meresmikan mushola Nurul Ibadah yang berada di lokasi penanaman mangrove.




Peta Lokasi